Thursday 30 April 2009

NASI GONO


Sejak saya TK dulu, saya sudah akrab dengan nasi satu ini. Bahkan mungkin sejak saya lahir. Tapi ya mulai inget-inget pas TK. Sampai SMP nasi satu ini tetap menjadi favorit saya karena termasuk mudah didapat di sekolah. Setelah saya menginjak SMA dan hijrah ke Magelang, tak ada satupun yang tahu dengan nasi favorit saya itu. Penjualnya pun tak ada. T.T . hikz..

Saat kemarin saya pulang, ibu berbaik hati mengajarkan saya cara memasak nasi satu ini. Waw! Tak terkira gembiranya saya!^^ kalau menurut resep mbah rayi saya, sebenarnya bisa ditambahi macam-macam lagi. Tapi karena saya orang yang simpel dan nggak suka ribet jadi pakai resep yang sederhana saja. Here the recipe..

NASI GONO KHAS TEMANGGUNG

Versi Nada&Mom


bumbu dan bahan:

¼ butir kelapa

5 siung Bawang merah

4 siung bawang putih

½ ons Cabe

1 ruas jari kencur

2 iris kulit jeruk perut

2 helai daun salam

2 iris laos

2 sendok rambangan

garam secukupnya

gula jawa secukupnya

bahan

½ kg beras

10 lembar kubis hijau

Cara :

  1. masak beras hingga menjadi nasi. Sambil menunggu nasi matang siapkan bumbu
  2. parut kelapa
  3. iris kubis hijau tipis-tipis kira-kira 3 mm
  4. haluskan (diuleg) semua bumbu.
  5. setelah bumbu halus campurkan dengan kelapa parutan sampai merata.
  6. tambahkan rambangan ke dalam bumbu
  7. campurkan bumbu dengan irisan kubis hijau
  8. letakkan irisan kubis yang telah dibumbui diatas nasi yang hampir masak
  9. tunggu hingga kubis matang.
  10. angkat kemudian campurkan nasi dengan bumbu hingga merata
  11. taruh dalam piring, nasi siap disantap.

3 comments:

  1. Aku tak pernah ribet soal bumbu masakan, asal enak aja di lidah, lhes. So, apa sama dan beda antara gono temanggung dan megono pekalongan? Kalo sama-sama enak, pas Kantin Banget jalan ke Temanggung, kau yang masak ya?

    ReplyDelete
  2. bedanya kalo yang ini lebih simpel..hehehe..
    siap! kapan ke temanggung?

    ReplyDelete
  3. mantafff, mas nada, resepnya!
    awal bulan kemarin aku sempat mampir ke ngadirejo sowan Bapak, dan sarapan sego gono kenangan---tau tempatnya Mbak Rus Gandukulon?
    teenlit-nya terbitan akhir th 2007, mas. oleh gramedia pustaka utama. bisa dibeli di gramedia sudirman atau togamas.

    ReplyDelete

jangan cuma baca, tapi komen juga ya