Thursday 4 November 2010

statistika dan blog

Anda seorang blogger dan blog anda berdomain di blogspot.com? selamat, itu artinya anda bisa menikmati fitur baru di blogspot (udah lama juga sih sebenarnya, hehe) yaitu STATISTIK. Tenang, ini bukan salah satu jurusan di universitas. Ini fitur yang menyenangkan dan membantu para blogger, kok.

Anda bisa menemukan tab statistik ini begitu anda membuka dasbor blog anda. Ketika anda meng-klik-nya, maka akan muncul di layar anda jumlah statistik pengunjung blog anda. Kalau untuk saya, ini menjadi sangat bermanfaat sebagai indikator sejauh mana blog saya dibaca dan postingan seperti apa yang menarik hingga dibaca orang.



Selain bermanfaat, bisa jadi motivator juga lho. Kalau saya pribadi, semakin banyak yang baca blog saya, maka akan semakin menyenangkan untuk menulis dan berbagi di blog ini. Dan berikut adalah statistik blog saya sepanjang Mei 2010-Oktober 2010.


Awalnya saya cukup shock begitu melihat pada bulan Juli ada 3315 orang yang masuk ke blog saya,lebih terkejut lagi ketika postingan yang paling banyak dibaca adalah postingan yang tidak mendapat satu pun komentar!

Setelah saya ingat-ingat, teman saya pernah me-repost postingan saya itu di notenya dengan mencantumkan link postingan saya itu dan dikomentari banyak orang. Saya rasa, itu menjadi penyebab lonjakan pengunjung blog saya yang amat-sangat sederhana ini.

Ngomong-ngomong soal blog, teman-teman kampus saya ternyata banyak juga yang ngeblog, mulai dari Rhomadona yang blognya keren banget, sampai Fadli, Tommy, juga Rizka.

Kemarin, teman saya si Fadli tanya, gimana sih resep nulis yang bagus? Saya agak merasa tersindir ditanyai begini karena saya sendiri masih ngeblog sekedar untuk melepas uneg-uneg. Jadi saya bilang saja padanya, menulislah sesuai apa yang ada di pikiran kamu. Menulislah dengan jujur seperti bercerita, maka tulisan itu menjadi nyaman untuk dibaca. Tapi saya sendiri sadar, amat sangat sadar, bahwa saya sendiri belum mampu menulis sampai taraf itu.

I’m in learning process, to read, to talk and to write.
And you all the reader have helped me through this process. Thanks for accompanying me, thanks for your meaningfull coming here. Believe me, you’ve just give a new spirit to keep on writing!

4 comments:

  1. saya ikutan komen deh,,biar lebih semangat nulis.. jangan kaya saya yg nulis sebulan sekali di blog.. haha....

    ReplyDelete
  2. kalo yang ini di wordpress sudah lama ada ...
    :D

    wah nada, coba bikin modul panduan pembuatan dan "perawatan" blog dengan blogspot, saya sudah sempet nyusun yang pake wordpress.
    nanti join sama saya pas ada pelatihan-pelatihan blog. lumayan ...
    hhehe ...

    ReplyDelete
  3. insyaAllah saya buat kalau modul PT dan SISDIG berhenti keluar. hehe :D

    ReplyDelete

jangan cuma baca, tapi komen juga ya